Pada kesempatan ini, kita akan membahas hasil tes pasca ujian modul 2 kurikulum merdeka, khususnya tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali yang disebutkan dalam soal.
Untuk menambah pengetahuan Anda yang sudah ada, bacalah pembahasan yang akan dibahas dalam artikel ini.
Pendapat yang diberikan pada pembahasan di artikel ini merupakan panduan yang bertujuan untuk memudahkan; oleh karena itu, jangan terlalu terpaku pada jawaban yang akan dijelaskan di kemudian hari.
Diharapkan guru dapat menemukan jawaban yang paling sesuai dengan pendapat mereka karena jawaban juga bisa berbeda.
Soal
Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali….
A. Guru mengelompokan murid sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya
B. Murid diberikan keleluasan untuk memilih bahan belajar untuk mendukung proses belajarnya
C. Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru
D. Guru melibatkan murid untuk menentukan target belajarnya di kelas
Jawaban
Jawaban : C. Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru
Penjelasan
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan dalam pengajaran dan pembelajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa dalam kelas.
Tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan setiap siswa, terlepas dari latar belakang, kemampuan, minat, atau gaya belajarnya, untuk belajar secara efektif.
Pendekatan ini mengakui bahwa setiap siswa adalah individu yang unik, dan oleh karena itu, perlu mendekati pembelajaran dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka
Pilihan jawaban C “Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru” adalah pilihan yang tidak mewakili penerapan pembelajaran berdiferensiasi.
Pilihan A, B, dan D merupakan contoh nyata dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi:
1. Guru mengelompokan murid sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya
Dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi, guru seringkali akan mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan atau karakteristik mereka.
Misalnya, dalam kelompok belajar yang berbeda, guru dapat memberikan materi yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, sehingga setiap kelompok dapat belajar dengan cara yang paling efektif bagi mereka.
2. Murid diberikan keleluasan untuk memilih bahan belajar untuk mendukung proses belajarnya
Salah satu prinsip penting dalam pembelajaran berdiferensiasi adalah memberikan siswa kontrol atas pembelajaran mereka.
Dengan memberikan pilihan bahan belajar, siswa dapat memilih sumber daya yang sesuai dengan minat mereka, yang dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses belajar.
3. Guru melibatkan murid untuk menentukan target belajarnya di kelas
Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru sering berkolaborasi dengan siswa untuk menetapkan tujuan belajar yang sesuai dengan kemampuan dan aspirasi individu mereka.
Ini memungkinkan siswa untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang ingin mereka capai dan memberikan motivasi tambahan.
Jadi, jawaban yang benar adalah C, karena itu tidak mencerminkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, di mana semua siswa hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat oleh guru, tanpa mempertimbangkan perbedaan individu mereka.
Nah itulah pembahasan dan jawaban yang bisa dijadikan referensi untuk menambah wawasan para guru dalam mengetahui jawaban dari soal post test modul 2 kurikulum merdeka yang satu ini.
Sekali lagi, diharapkan untuk berhati-hati saat membahas dan menanggapi pertanyaan karena pembahasan dalam artikel ini hanya berfungsi sebagai referensi. Pendapat dan tanggapan yang diberikan mungkin berbeda.* (*)
No comments:
Post a Comment